Prodi DIII Manajemen Informatika
Rangkuman Proyek Akhir
Semester 16 (1)
Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom, OCP
Nim |
: |
13390100020 |
Nama |
: |
Gigih Patga Saputra |
Judul |
: |
APLIKASI PENJUALAN DAN PEMELIHARAAN WORK ORDER PADA CV. DELTA JAYA MACHINERY |
Foto |
: |
|
Motto |
: |
Jangan pikirkan kegagalan kemarin, hari ini sudah lain, sukses pasti diraih selama semangat masih menyengat… |
Pendahuluan |
: |
Latar Belakang Masalah
Pada era modern, peran teknologi sudah tidak asing atau diragukan lagi karena banyak perusahaan maupun instansi yang menerapkannya. Teknologi informasi merupakan teknologi yang di bangun dengan basis utama teknologi komputer. Hasil keluaran dari teknologi komputer merupakan komponen yang lebih berguna lebih dari sekedar tumpukan data, sehingga membuat teknologi komputer dan tekonologi pendukung proses operasinya mendapat julukan baru, yaitu teknologi informasi. Penemuan teknologi komputer dan informatika sejak awal ditujukan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia agar lebih efektif dan efisien. Berdasarkan hal ini kami mencoba untuk menerapkan perkembangan teknologi dan informatika ke dalam sistem akuntansi khususnya sistem penjualan yang dapat membawa kemudahan dalam perolehan informasi akuntansi dan memberikan internal control pada sistem penjualan yang terdapat pada CV. Delta Jaya Machinery. CV. Delta Jaya Machinery merupakan sebuah perusahaan berkembang yang menaungi bisnis penjulan beraneka alat-alat industri perusahaan ini berkantor Jl. A.Yani kav. F-26 Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Walaupun perusahaan ini sedang berkembang namun proses penjulan masih menggunakan proses manual dan belum memiliki internal control yang baik. Disini kami membahas mengenai sistem penjulan yang mengacu pada sistem pengolahan barang dagang yang akan menghasilkan sebuah internal control yang terdapat pada CV. Delta Jaya Machinery. Pada perusahaan ini sistem penjualan masih sangat sederhana dan belum tercontrol dengan baik. Perusahaan ini memang telah menggunakan proses komputerisasi dengan program Microsoft Excel, namun proses tersebut masih dirasakan belum cukup praktis dan masih tergolong tradisional untuk sebuah perusahaan yang sudah berkembang ini. Berdasarkan uraian diatas maka diperlukan suatu aplikasi penjualan yang dapat meningkatkan kinerja sistem dalam pengolahan data, menyimpan data dan mencetak document. Dengan adanya aplikasi sistem penjualan yang baru, diharapkan dapat mempermudah proses transaksi penjualan barang dagang dan transaksi penjualan tercatat dengan baik, aplikasi ini befungsi untuk menghasilkan laporan penjulan barang dagang. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian dari latar belakang perusahaan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan yang ada, yaitu bagaimana merancang bangun sistem informasi penjualan pada CV. Delta Jaya Machinery ? Batasan Masalah Batasan masalah pada sistem informasi penjualan pada CV. Delta Jaya Machinery adalah sebagai berikut :
|
Desain Sistem | : |
1. Desain Sistema. System Flow Pemesanan Mesin dan Sparepart Pada Gambar 1 menjelaskan proses yang pertama dimulai pada bagian penjualan menerima pemesanan pelanggan, pada proses ini pelanggan akan ditawarkan unit mesin atau sparepart. Setelah melewati proses ini, akan ada proses konfirmasi uang muka. Setelah itu, masuk ke proses yang berikutnya yaitu, proses konfirmasi deadline. Bagian produksi akan mengecek berapa id pesanan yang belum selesai dari situ bagian produksi akan mengkonfirmasi menolak atau menyetujui deadline. Setelah semua proses tersebut adminitrasi akan menginputkan data pelanggan yang disimpan di database pelanggan Selanjutnya proses pemeliharaan pemesanan dari data pemesanan pelanggan disimpan ke database pemesanan. Dari database pemesanan digunakan untuk cetak PO atau bukti pemesanan dan laporan PO. Gambar 1 System Flow Pemesanan b. System Flow Pembuatan Surat Work Order Pada Gambar 2 menjelaskan proses yang pertama dimulai pada bagian adminitrasi melakukan pemeliharaan data work order dari database pemesanan, dilanjutkan dengan proses cetak surat work order dan menghasilkan surat work order. Proses selanjutnya bagian produksi akan memproduksi barang pesanan sesuai dengan surat work order, setelah barang pesanan jadi maka barang disimpan di gudang dan surat work order yang telah ditanda tangani bagian produksi dan diberikan ke bagian adminitrasi untuk dilanjutkan dengan proses pemeliharaan data work order yang telah selesai. Proses selanjutnya bagian adminitrasi mencetak laporan work order yang nantinya diberikan ke direktur. Gambar 2 System Flow Pembuatan Surat Work Order c. System Flow Penerimaan Pembayaran Pada Gambar 3 menjelaskan proses yang pertama dimulai pada bagian penjualan yang melakukan pembuatan nota penjulan dari rekap PO dan rekap WO yang telah selesai. Lembar pertama dari nota penjulan diberikan kepada pelanggan untuk bukti pembayaran dan lembar kedua disimpan oleh bagian penjualan. Proses selanjutnya bagian penjualan membuat rekap penjualan lau lembar pertama diberikan kepada derektur, yang kedua disimpan oleh bagian penjualan. Gambar 3 System Flow Penerimaan Pembayaran d. System Flow Penerimaan Retur Pada Gambar 4 menjelaskan proses yang pertama dimulai bagian adminitrasi melakukan validasi nota penjulan dari pelanggan dengan database penjulan jika sesuai dilanjutkan ke proses cetak surat retur dari database penjulan. Bagian gudang menerima surat retur dan barang yang akan di retur. Proses selanjutnya bagian gudang mengecek barang yang akan di retur jika sesuai kriteria maka bagian gudang akan menyerahkan barang yang akan diretur ke bagian produksi untuk pembenahan dan menandatangani suarat retur. Selanjutnya bagian adminitrasi menerima surat retur yang telah ditandatangani untuk pemeliharaan data retur ke database retur. Untuk bukti retur pelanggan proses cetak nota retur dilakukan oleh bagian adminitrasi dan juga membuat laporan retur untuk direktur. Gambar 4 System Flow Penerimaan Retur 2. Data Flow DiagramData Flow Diagram (DFD) digunakan untuk menggambarkan aliran data dan proses yang terjadi dalam sebuah sistem serta entitas–entitas apa saja yang terlibat. a. Context Diagram Pada Gambar 5 adalah context diagram dari Rancang Bangun Aplikasi Penjulan CV. Delta Jaya Machinery. Context diagram sistem ini terdiri dari 4 entitas, yaitu entitas pelanggan, bagian produksi, bagian gudang dan direktur. Tiga entitas tersebut memberikan input data dan menerima output data yang diperlukan. Gambar 5 Context Diagram Aplikasi Penjualan b. Data Flow Diagram Level 0 Pada Gambar 6 adalah DFD Level 0 dari Rancang Bangun Aplikasi Penjulan CV. Delta Jaya Machinery. Pada DFD Level 0 terdapat empat macam proses. Pertama adalah proses penerimaan pesanan, yang kedua adalah proses memprodusi pesanan, yang ketiga adalah proses penerimaan pembayaran dan yang keempat proses penerimaan retur. Gambar 6 Data Flow Diagram Level 0 c. DFD Level 1 Sub Proses Data Penerimaan Pemesanan Pada Gambar 7 adalah sub proses penerimaan pemesanan DFD Level 1 dari Rancang Bangun Aplikasi Penjulan CV. Delta Jaya Machinery. DFD Level 1 ini terdapat 1 macam proses. Gambar 7 DFD Level 1 Sub Proses Penerimaan Pemesanan d. DFD Level 1 Sub Proses Data Memproduksi Pesanan Pada Gambar 8 adalah sub proses memproduksi pesanan DFD Level 1 dari Rancang Bangun Aplikasi Penjulan CV. Delta Jaya Machinery. Pada DFD Level 1 terdapat 3 macam proses. Gambar 8 DFD Level 1 Sub Proses Memproduksi Pesanan e. DFD Level 1 Sub Proses Menerima Pembayaran Pada Gambar 9 adalah Sub Proses Menerima Pembayaran DFD Level 1 dari Rancang Bangun Aplikasi Penjulan CV. Delta Jaya Machinery. Pada DFD Level 1 ini terdapat 3 macam proses, yaitu proses menerima pelunasan, cetak nota penjulan dan laporan penjualan. Gambar 9 DFD Level 1 Sub Proses Menerima Pembayaran f. DFD Level 1 Sub Proses Penerimaan Retur Pada Gambar 10 adalah Sub Proses penerimaan retur DFD Level 1 dari Rancang Bangun Aplikasi Penjulan CV. Delta Jaya Machinery. Pada DFD Level 1 ini terdapat 5 macam proses, yaitu proses menerima retur, cetak surat retur, pemeliharaan retur, cetak nota retur dan laporan retur. Gambar 10 DFD Level 1 Sub Proses Penerimaan Retur 3. Entity Relationship Diagrama. Conceptual Data Model Pada Gambar 11 menjelaskan tentang Conceptual Data Model (CDM) yang terdiri dari 7 tabel yang saling berhubungan dari Rancang Bangun Aplikasi Penjulan CV. Delta Jaya Machinery. CDM yang sudah dilampirkan terdapat 7 tabel yang sudah saling terhubung. Tabel-tabel tersebut yaitu tabel pelanggan, barang, work order, pemesanan, pegawai, pembayaran dan retur. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada CDM yang sudah dilampirkan. Gambar 11 Conceptual Data Model b. Physical Data Model Pada Gambar 12 merupakan Physical Data Model (PDM) yang telah di-generate dari conceptual data model yang sebelumnya dari Rancang Bangun Aplikasi Penjulan CV. Delta Jaya Machinery. CDM yang sudah disertakan, pada PDM yang sudah dilampirkan terdapat 8 tabel yang saling terhubung. Tabel-tabel tersebut yaitu tabel pelanggan, barang, work order, pemesanan, pegawai, pembayaran, retur, detail barang. Gambar 12 Physical Data Model (PDM) |
Gambaran Umum Sistem |
: |
1. Sistem Yang DigunakanBerikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan sistem penjualan pada CV. Delta Jaya Machinery yaitu: a. Software Pendukung
b. Hardware Pendukung
2. Instalasi ProgramDalam tahap ini, pengguna harus memperhatikan dengan benar terhadap penginstalan perangkat lunak. Berikut langkah-langkah penginstalan:
Aplikasi penjualan mengharuskan user untuk melakukan login untuk dapat mengakses fitur aplikasi. Karena fitur-fitur pada aplikasi ini dapat diakses apabila username dan password yang dimasukkan sesuai dengan username dan password yang ada pada database.
|
Kesimpulan | : |
Setelah melakukan analisa dan perancangan, serta implementasi Sistem Penjualan pada CV. Delta Jaya Machinery, maka dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
|
Lampiran | : |
Biodata PenulisNama : Gigih Patga Saputra Riwayat Pendidikan SMA SMAN 19 Bandung – Tahun Lulus 2013 |
Target setelah lulus D3 Manajemen Informatika adalah:
- Bekerja sebagai staff IT di lembaga pemerintahan atau di perusahaan.
- Mampu mengaplikasikan apa yang telah dipelajari selama kuliah sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri
Salam, Gigih Patga Saputra
Email Mahasiswa : gigihpatga@gmail.com
DIII Manajemen Informatika
Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom,OCP
http://blog.stikom.edu/lusiani
https://titiklusiani.wordpress.com/